Rabu, 24 Agustus 2016

Cara Membuat Kue Lapis

Resep cara membuat kue lapis - Salah satu kue khas Indonesia ini sudah banyak dikenal dan sangatlah populer. Umumnya kue lapis ini terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis. Bahan-bahan untuk membuat kue ini terdiri dari tepung beras, tepung sagu/ tapioka, santan dan bahan lainnya.

Setiap lapis biasanya mempunyai warna beraneka ragam dan warna yang sering digunakan adalah hijau dan merah. Saya suka sekali dengan kue ini tapi saya sedikit gimana gitu kalau memegangnya, mungkin karena berminyak ituloh. Hehehe, makan doyan, megang aja pakek risih-risih segala. :D

resep cara membuat kue lapis sederhana





Bahan-bahan :

    275 gram tepung beras
    75 gram tepung sagu/tapioka
    300 gram gula pasir
    3 lembar daun pandan
    950 ml santan
    1 sendok teh pewarna makanan hijau
    1 sendok teh pewarna makanan merah
    1 sendok teh garam
    1 sendok makan minyak goreng


Langkah-langkah membuat kue lapis

    Pertama-tama masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat. Di wadah yang berbeda (mangkuk berukuran besar), campur tepung beras, tepung sagu, gula, tuangi santan yang sudah hangat tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga gula larut dan adonan tercampur rata.

    Setelah itu, bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri warna masing-masing sesuai selera anda. Siapkan loyang berukuran 20 x 20 cm, olesi dengan minyak (jangan terlalu banyak), kemudian panaskan dalam panci kukus.

    Tuangkan kurang lebih 50 ml adonan warna pertama, tutup panci pengukus dan tunggu hingga 5 menit. Tumpangi dengan adonan warna kedua, tutup panci pengukus dan tunggu kembali hingga 5 menit. Demikian seterusnya sampai adonan habis.

    Kukus hingga matang, kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat, potong-potong, dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar