Kamis, 11 Agustus 2016

Makanan Khas Bali yang tidak boleh dilewatkan

Siapa yang tidak tau Bali? Dimana pulau yang memiliki ragam budaya ,tempat indah dan beragam makanan khas bali yang mengiurkan ,nah kali ini kami memneri tau makanan-makanan khas bali yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pulau bali tersebut

1.Sate Lilit
yang pertama ada Sate Lilit,Dimana Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk,Sate Lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium bau wangi yang sedap.
Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tengiri lah yang menjadi primadona di Bali.

2.Ayam Betutu
 
Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Ayam Betutu? Menu yang satu ini tidak boleh dilewatkan dalam daftar wisata kuliner kalian di Bali. Ini sudah menjadi icon makanan khas Bali.
Jika kamu suka Masakan Pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan!
Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga bisa 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik.
Oh ya, Betutu ini tidak selalu identik dengan daging ayam, ada juga lho yang menggunakan bebek.

3Lawar Kuwir
 
Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang di ramu khusus menggunakan bumbu khas Bali.
Memang pada umumnya Lawar diolah dengan menggunakan mengguanakan campuran daging babi namun ternyata bebek entoq (kuwir) juga menjadi daging alternatif yang di favoritkan oleh masyarakat Bali.
Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali.
Lawar Kuwir ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran Ayam Betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang).

4.Babi Guling


Perlu digaris bawahi dan dicetak tebal, bahwa makanan yang satu ini seratus persen tidak halal. Meski begitu, makanan ini lah yang menjadi tujuan utama kuliner bagi masyarakat Bali maupun wisatawan lokal.
Warna kulit Babi Guling yang kecoklatan sungguh renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang begitu empuk dan kaya rempah-rempah. Uniknya, bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon dimasukan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api.
Menu Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares.

5.Rujak Kuah Pindang

Rujak yang dibuat menggunakan kuah dari ikan pindang yang direbus hingga mendidih lalu di saring untuk mengambil kaldu dari kuah tersebut ,rujak ini dominan dibali yang mempunyai cita rasa yang pedas dan mengiurkan dimana buah yang digunakan bisa mangga,nanas,kedondong,bengkoang,pepaya dan lain lain nya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar